Senin, 04 Juli 2016

Miliki Ciri Seorang Muslimah Sejati, Fitnah terbesar Akhir Zaman adalah Wanita

taksampai.blogspot.co.id. Bagi seseorang yang mengaku dirinya beriman pasti selalu mendambakan menjadi seorang muslim yang sebenarnya, terlebih lagi bagi seorang wanita tentu juga menginginkan dirinya menjadi seorang muslimah sejati. Di era yang sebra kebablasan seperti saat ini banyak sekali kaum hawa jatuh kedalam lembah kenistaan, hal tersebut terjadi karena kurangnya menjaga diri dari tipu daya syetan, sehingga wanita yang harusnya menjadi perhiasan dunia dapat dinikmati oleh setiap orang yang melihat, karena yang dilakukan saling berlomba-lomba untuk menunjukkan siapa yang lebih cantik dan lebih menarik. Maka, apakah saat ini kita sudah benar-benar menjadi seorang muslimah sejati?? Berikut ini adalah Ciri Seorang Muslimah Sejati

1. Memiliki keimanan yang teguh kepada Alloh dan Rosul-Nya.
Memiliki keimanan yang teguh kepada Alloh dan Rosul-Nya adalah ciri-ciri utama muslimah sejati. Dengan keimanan ini, dapat menguatkan hati dalam menghadapi segala macam ujian. Namun demikian sulitnya ujian tersebut seolah lebur dengan manisnya iman yang bersemayam dalam dadanya. Tanpa adanya iman yang teguh ini, tidak mungkin seorang wanita menjadi muslimah sejati.

2. Bertaqwa Yakni menjalankan Segala Perintah Alloh dan Rosul-Nya serta menjauhi larangan-larangan keduanya.
Jika ada seorang mengaku muslimah namun belum menjalankan perintah Alloh dan Rosul-Nya, maka belum dikatakan sebagai muslimah sejati. Alloh berfirman: “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Alloh dan rasul-Nya Telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan barangsiapa mendurhakai Alloh dan rasul-Nya Maka sungguhlah dia Telah sesat, sesat yang nyata. (QS.al Ahzab [33]:36)

3. Berakhlak mulia dan berkepribadian islami
Memiliki akhlak yang mulia dan berkepribadian islami merupakan ciri – ciri muslimah sejati, dengan mentontoh prilaku Rosululloh SAW dan istri-istri beliau serta para shohabiyah islam yang mulia.

4. Beribadah hanya mengharap ridho Alloh
Ciri ini merupakan hal yang penting karena banyak yang dilakukan seorang muslimah menjalankan kewajibannya bukan karena Alloh melainkan karena orang lain, atau karena ingin dipuji, ini sangat berbahaya. Maka jalankan perintah Allah hanya semata-mata mengharap Ridho-Nya.

5. Sabar dan berjiwa tegar; Syukur dan tidak kufur.
Sabar dan syukur adalah hiasan muslimah sejati. Dengan itulah ia akan menjadi hamba yang qonaah terhadap takdir Alloh . Muslimah yang sabar dan syukur akan menjadi sosok mulia di sisi Alloh apalagi di sisi manusia. Sabar dan syukur ini ibarat dua sayap yang dengannya seseorang terbang bebas menuju keridhaaan Alloh.

6. Tawazun (proporsional dan profesional) dalam segala urusannya.
Muslimah sejati adalah sosok yang tawazun dalam segala urusannya. Di samping perannya sebagai pendidik anak ia juga harus mengatur waktu dan pekerjaan melayani suaminya. Terkadang pula ia pun harus berbagi waktu untuk menambah amalan sholih lainnya. Ia tidak membentur-benturkan tugas dan kewajibannya. Segalanya ia manage dengan sangat tawazun.

7. Rajin dan semangat tolabul ilmi (menuntut ilmu).
Seorang muslimah sejati selalu rajin dan semangat dalam menuntut ilmu. Meskipun ia telah berkeluarga bahkan mampu meraih gelar tinggi (dalam bidang akademik misalnya) namun tetap haus dengan ilmu dari siapa saja yang menyampaikannya. Menuntut ilmu dan mendapatkan pendidikan bukanlah khusus bagi seorang muslim saja. Bahkan di dalam islam kaum muslimah diwajibkan belajar seumur hidup bukan hanya wajib belajar sampai SMA atau sederajat. Dan hendaknya menuntut ilmu menjadi hobi yang membuat muslimah benar-benar “kecanduan” ketika meninggalkannya.

8. Taat kepada suami dan orang tua.
Taat kepada ortu merupakan kriteria muslimah sejati. Namun bagi muslimah yang sudah berumah tangga, ketaatan pertama adalah ketaatan kepada suami kemudian baru orang tua. Taat kepada orang tua biasanya lebih mudah dilakukan seorang istri karena memang orang tualah yang membesarkan dan mendidiknya dari kecil. Akan tetapi taat kepada suami terkadang membutuhkan kerja keras bagi seorang muslimah. Namun demikian balasannya pun juga besar yaitu surga Alloh yang sangat luas dan indah.

9. Gemar berdakwah dan bersedekah.
Dakwah bukan hanya kewajiban para lelaki saja, namun ia juga tugas besar yang harus diemban di pundak kaum muslimah. Hal tersebut disebabkan banyak sektor kehidupan yang memang lebih tepat ditangani langsung oleh muslimah karena kekhususannya. Oleh karena itu peran dakwah dalam sektor tersebut sangatlah urgen. Selain berdakwah iapun tak lupa gemar bersedekah. Semua itu karena ia sangat faham bahwa sedekah merupakan bukti keimanan sekaligus sebagai jalan masuk surga.

10. Selalu Menjaga iffah (kesucian diri).
Kesucian diri adalah mutiara berharga bagi setiap wanita. Tidak ada yang paling pandai dalam menjaga kesucian diri selain wanita muslimah. Menjaga kesucian diri bukan hanya sebatas menjaga diri yang penting tidak sampai berzina saja. Menjauhkan diri dari ikhtilath, pacaran, cating, facebook an yang tak berguna dengan lawan jenispun bagian dari menjaga kesucian diri. Inilah yang seringkali dilupakan para muslimah hari ini.

Sumber: dainusantara.com

Baca Juga :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar