Minggu, 26 Juni 2016

3 Kewajiban Terhadap Al-Quran yang Harus Kita Tau


taksampai.blogspot.co.id. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi manusia. Sudah seberapa sering kita membaca, memahami, menghafalkan dan mengamalkannya? Apa sebenarnya kewajiban kita tehadap Al Qur’an? Simak penjelasan lengkapnya.

# Mengimani Al Quran
Sahabat Ummi, sebagai seorang muslim tentunya kita harus mengimani Al Quran sebagai kitab suci umat islam, kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jilbril.
Iman kepada Quran merupakan tanda sempurnanya iman. Sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran tentang ciri-ciri orang yang bertakwa yaitu,

وَالَّذِينَيُؤْمِنُونَبِمَاأُنْزِلَإِلَيْكَوَمَاأُنْزِلَمِنْقَبْلِكَوَبِالْآخِرَةِهُمْيُوقِنُونَ
“dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.” (QS. Al-Baqarah: 4)

# Mempelajari Al Quran
Sahabat Ummi, sudahkah kita mempelajari Al Quran yaitu membacanya, kemudian menghafalkan dan mentadaburinya?
Sudah seberapa sering kita membacanya setiap hari? Apakah kita sudah berusaha untuk menghafalkannya, kemudian mentadaburinya agar kita semakin paham apa makna ayat-ayat kauliyah dan ayat kauniyah.

# Mengamalkan Al Quran
Mengamalkan Al Quran yaitu mendakwahkannya.
Sebagaimana hadits berikut ini,

عَنْ عُثْمَانَ – رضى الله عنه- عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ» رواه البخاري
Artinya: “Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Nah… sahabat Ummi, sekarang sudah tahu kan apa saja kewajiban kita terhadap Al Quran? Bacalah Al Quran, kelak ia akan menjadi syafaat di yaumil akhir. Aamiin…
Wallahu’alam.
Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar